Powered by Blogger.

Cara Membuat Blog di Blogspot



 Sederhana tapi mungkin banyak yang belum tahu, Cara Membuat Blog di Blogspot. Sebagian dari kita mungkin saja tidak begitu memperhatikan hal kecil ini, padahal di dunia maya ini perkembangan blog sudah sangat sangat sangat maju pesat sekali, bisa juga untuk mencari uang sampingan di blog.
     Terkadang saya juga sendiri sering iseng untuk browsing sana sini, keluar masuk forum, ternyata masih banyak juga yang bertanya cara membuat blog atau sekedar bertanya apa sih blog itu. Ok, tidak usaha panjang lebar lagi, kita langung aja.
    
Informasi ini khusus saya buat untuk teman-teman yang belum tahu saja (newbie) seperti saya, bagi teman-teman yang lain yang sudah mengerti harap menambah kekurangan dari artikel ini saja.
* Eksekusi Membuat Blog

     Percaya tak percaya, membuat blog itu sangatlah mudah, walapun pun itu seorang newbie. Saya akan tunjukan cara untuk membuat sebuah akun baru di blogspot.com/blogger.com, yang 100% gratis.
     Saya merekomendasikan anda untuk membuat blog di
blogspot.com karena program ini sangat didukung penuh oleh Google, sehingga apabila kita membuat blog di sini maka google akan cepat mengindeks blog kita.

1. Membuat akun Email via Gmail
  
     Kita terlebih dahulu membuat akun email
Gmail, kenapa harus Gmail ? tentu saja ini produk Google dan blogspot sendiri sangat didukung oleh Google. Untuk perkembagan selanjutnya akan sangat memudahkan kita melakukan aktivitas di blog.
     Klik
www.google.com di tab bagian kiri atas ada tulisan Gmail , kemudian kita akan menuju ke halaman utama “Selamat datang di Gmail”.
     Selanjutnya pilih “Buat Akun” ? Isi bagian field dengan keterangan yang dibutuhkan dan ikuti semua petunjuk di sana. Selesai.

2. Membuat blog di blogspot/blogger
a. Klik
www.blogspot.com lalu klik “Buat Blog” (warna oranye) dan kita akan memasuki halaman utama yang pertama “Ciptakan sebuah akun Google”, di sini isilah semua keterangan yang dibutuhkan seperti alamat Email yang tadi kita buat, password, dsb.

(Jangan lupa untuk mencentang kolom Persyaratan dan Layanan).

     Kemudian klik tombol
panah "LANJUTKAN" untuk melanjutkan ke langkah berikutnya. (Ini merupakan Langkah 1)
b. Kita akan memasuki halaman utama ke 2 yaitu bagian “Beri nama blog Anda” lalu isilah form Judul Blog sesuai keinginan anda dan isi form Alamat URL yang ada sesuai yang anda inginkan. (Ini merupakan Langkah 2)

Tips: Agar blog anda mudah terindex oleh Search Engine, maka lebih baik nama blog dan alamat URL ada kesamaan satu sama lain, misal: Nama blog anda adalah “example-online”, maka alamat URL nya akan seperti ini "www.example-online.blogspot.com".

c. Selanjutnya kita memasuki ke halaman utama berikutnya “Pilih templates awal” lalu klik salah satu templates yang ada di halaman ini sesuai selera anda. (Ini merupakan Langkah 3)
     Setelah itu klik “
Lanjutkan” dan selesai sudah semua proses pembuatan blog kita di blogspot ini “Blog Anda sudah jadi” jangan lupa klik “Mulai Blogging”.
     Kalau kita sudah klik “Mulai Blogging”, berarti kita sudah bisa menjalankan segala aktifitas mulai dari yang paling awal yaitu “Start Posting”, dan teman-teman semua bisa membuat artikel/tulisan pertama dan berikutnya.




0 comments

Post a Comment